Apa yang terpikir di benak Anda jika mendengar kata barley? Jujur, tim penulis Resepkoki.id akan pertama kali terpikir pada teh barley tawar yang sering disajikan di restoran Korea dan Jepang, yang sering dikenal dengan mugicha atau boricha. Di luar negeri, barley lazim diolah lebih lanjut menjadi malt yang utamanya digunakan dalam fermentasi bir.

Barley dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan jelai atau jali, merupakan jenis serealia yang merupakan anggota suku padi-padian. Apabila dimasak, barley memiliki tekstur kenyal dan rasa khas kacang, mirip dengan beras coklat. Walaupun jenis pemasakan yang familiar untuk barley yaitu dicampur ke dalam sup, akan tetapi kamu juga bisa memasak barley layaknya memasak couscous, nasi, ataupun oatmeal.

Whole grain barley atau biji barley utuh mengandung serat tinggi sekaligus protein tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan, Sangat jarang sumber karbohidrat memiliki kandungan protein yang  cukup tinggi seperti barley ini, sehingga kamu harus mencobanya sebagai pengganti atau variasi sumber karbohidrat selain nasi putih, gandum (roti), dan oat. Selain itu tipe whole grain juga dikenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral, yang tidak hilang akibat proses pemrosesan lebih lanjut dari serealia.

Berikut 6 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi barley secara rutin.

1. Tekanan darah.

Barley mengandung garam atau sodium yang rendah, juga mineral lain seperti potassium, kalsium, dan magnesium yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah secara alami. Selain itu, kandungan tinggi seratnya juga berperan dalam menstabilkan tekanan darah pula.

2. Kesehatan tulang.

Kandungan mineral dalam barley seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, dan zinc berperan juga dalam membentuk serta menjaga struktur dan kesehatan tulang lho!

3. Kesehatan jantung.

Ini sering dikaitkan dengan menjaga kestabilan kadar lemak dalam darah. Barley yang tinggi serat, vitamin, dan mineral ini menunjukkan khasiatnya untuk membantu mengurangi kolesterol dan lemak jahat yang ada dalam darah.

4. Sistem pencernaan. 

Fungsi utama serat yaitu melancarkan buang air besar sehingga mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi, yang berarti semakin menyehatkan saluran pencernaan kita dari racun-racun dan sampah sisa pencernaan.

5. Kanker. 

Saluran cerna yang sehat berarti meminimalkan risiki kanker usus besar. Selain itu salah satu jenis mineral, selenium, yang tidak dijumpai di banyak jenis makanan namun dijumpai di barley juga mampu mencegah terjadinya kanker.

6. Kontrol berat badan.

Serat tinggi selain melancarkan pencernaan juga mampu memberikan efek kenyang lebih cepat dan lama sehingga menurunkan nafsu makan, yang berarti tidak ada asupan kalori berlebih.

Banyak kan manfaat barley ini? Oleh sebab itu, jangan ragu lagi untuk mengganti nasi putih-mu di rumah dengan mencoba aneka sumber karbohidrat seperti barley ini salah satunya. Dengan makan beragam makanan, kamu akan mendapatkan aneka zat gizi khas yang terdapat di tiap-tiap bahan makanan, yang tentunya gak akan didapatkan jika kamu terus menerus mengonsumsi itu-itu saja.