Di artikel sebelumnya (4 Manfaat Kesehatan dari Cuka Apel) sudah kita bahas mengenai apa itu cuka apel dan juga berbagai manfaat kesehatannya. Kali ini tim penulis Resepkoki,id akan berbagi tips dan catatan penting yang harus kamu ketahui dalam mengonsumsi cuka apel.

1. Langsung minum cuka apel?

Cuka apel ini bersifat sangat asam sehingga sangat disarankan tidak untuk dikonsumsi langsung karena berisiko merusak lapisan enamel gigi dan juga lapisan dalam kerongkongan kita. Selalu encerkan cuka apel sebelum dikonsumsi. Misalnya dengan mencampurkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas besar air matang, baru kemudian siap untuk diminum.

2. Jangan sekali-sekali mengonsumsi cuka apel saat perut kosong.

Sebab sifatnya yang sangat asam akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perutmu seperti rasa mual dan begah serta akan membuatmu sering bersendawa. Pastikan kamu mengonsumsi cuka apel ketika sedang atau setelah makan besar.

3. Berhati-hati dengan yang berpenyakit.

Khusus bagi penyandang Diabetes Mellitus atau penyakit lainnya, harap konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ketika kamu ingin rutin mengonsumsi cuka apel ini. Mengingat kemungkinan terjadinya interaksi obat-obatan tertentu bila dikonsumsi bersama cuka apel.

Kami sendiri lebih memilih mengonsumsi 1-2 sendok makan cuka apel ditambah dengan 2 sendok makan raw honey dicampurkan ke dalam 1 gelas besar air matang dan dikonsumsi antara sesudah makan malam hingga sebelum tidur. Kebiasaan tersebut dirasakan memberikan manfaat tidur lebih nyenyak sehingga bangun di pagi hari menjadi lebih bugar dan juga bebas sembelit di pagi hari.