Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan raw honey itu? Seperti terjemahan langsung dari asal katanya, raw honey adalah madu yang benar-benar asli dan mentah dari sumber asalnya.

Mengapa dikatakan asli dan mentah? Karena setelah dipanen dari sarang lebah, madu ini langsung dikemas dan dipasarkan. Madu ini tidak mengalami proses pemanasan, pasteurisasi, dan pengolahan apapun. Sehingga segala enzim dan kebaikan alami yang terkandung didalamnya masih terjaga dengan baik. Hal ini bertolak belakang dengan madu komersial yang telah mengalami berbagai proses pengolahan, seperti pemanasan, pengurangan kadar air, ataupun penambahan vitamin.

Karena masih asli mengandung semua kebaikan alaminya, raw honey kaya akan fitonutrien sebagai antioksidan dan anti peradangan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mengobati radang tenggorokan dan masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini disebabkan juga oleh kemampuan raw honey untuk membunuh bakteri dan jamur yang tidak diinginkan.

Namun, sebaiknya jangan memberikan raw honey untuk bayi dengan usia dibawah satu tahun karena bahaya bakteri botulism yang mungkin terkandung di dalamnya.

Raw honey tanpa proses penyaringan biasanya memiliki kenampakan berawan yang terdiri dari kristal-kristal halus. Selain itu, madu ini juga mengandung partikel bee pollen, serpihan sarang lebah, propolis, bahkan juga serpihan sayap lebah.

Jika disimpan dalam suhu ruangan, apalagi disimpan dalam lemari pendingin, raw honey ini akan membentuk granule, mengkristal, dan memadat apabila disimpan hingga beberapa bulan.

HoneyLemonShot

Siapa ingat dengan craze honey-lemon shot? Perasan ½ butir lemon bersama 1 sdm madu yang dikonsumsi langsung dalam satu shot atau sekali minum setiap pagi hari. Konsumsi rutin honey-lemon shot dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Tapi tahukah kamu bahwa blogger Andra Alodita, yang mempopulerkan pertama kali resep ini, menuliskan bahwa jenis madu yang digunakan haruslah jenis raw atau organic agar didapatkan manfaat yang maksimal.

Ayo segera cek! Jika madu kamu memiliki kenampakan jernih, bening, dan selalu berbentuk cair walaupun telah lama disimpan, maka bisa dipastikan itu bukan raw honey. So, udah cukup tergoda kan untuk mengganti madu di rumah dengan raw honey ini?

Madu jenis ini sudah cukup banyak kok beredar di pasaran, terutama supermarket urban dan toko yang menjual pangan ala healthy lifestyle. Pastikan ada label raw tercantum dan jangan lupa perhatikan juga karakteristik yang sudah tersebut di atas.