Saking sibuknya dengan aktivitas harian, tanpa sadar kebiasaan konsumsi kita pun sering mengabaikan kesehatan diri jangka panjang. Beberapa orang senang mengonsumsi makanan high class yang pada kenyataan padat gula dan lemak. Sementara beberapa orang yang lain harus mengonsumsi makanan serba siap saji dan instan yang juga tinggi garam dan gula.

Padahal perlu kita ingat, kesehatan adalah investasi. Segala yang kita upayakan saat ini demi masa depan akan menjadi sia-sia apabila ternyata nanti utamanya akan dipergunakan untuk mengembalikan kesehatan itu juga. Oleh sebab itu, coba cek kembali kebiasaan konsumsi kamu. Tiga hal di bawah ini tidak ada salahnya kamu coba lho demi kesehatanmu yang lebih baik

1. Minum 2 gelas air sehabis bangun tidur

gelas_air

Selama kita tidur, cairan tubuh kita banyak berkurang. Salah satu contohnya keluar dalam bentuk keringat dan urine. Oleh sebab itu, minum air sesaat setelah bangun tidur adalah baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut. Sebelum tidur siapkan air sebanyak 2 gelas (atau setara dengan ± 500 ml) dan letakkan di meja samping tempat tidur atau tempat lain yang mudah dijangkau sesaat setelah bangun tidur. Kebiasaan baik ini dipercaya mampu melancarkan metabolisme tubuh dan meningkatkan stamina tubuh sehingga tidak sering sakit seperti flu dan batuk.

2. Kurangi gula dari kopi atau teh

cangkir_kopi

Kamu termasuk pribadi modern yang tidak bisa hidup atau memulai rutinitas pagi hari sebelum menyeruput kopi? Jika espresso shot adalah pilihanmu maka itu sudah baik karena tidak ada tambahan gula di dalamnya. Namun, jika favoritmu adalah frappucino atau latte, hmm mungkin kamu harus memesan lebih cermat. Penggunaan susu, whipped cream, syrup, dan gula adalah penyumbang terbesar kalori dalam olahan kopimu. Selain itu, ukuran gelas pilihanmu juga sangat berpengaruh lho!

3. Buang setengah takaran bumbu dalam mie instan

mie_instan_pedas

Hampir semua orang menyukai mie instan, apalagi bila dinikmati ketika hujan turun dan atau saat malam hari kondisi mager di rumah tanpa ada makanan tersedia. Buat kita yang masih susah move on dari sering makan mie instan, alangkah baiknya jika kita mulai sekarang mencoba hanya menggunakan ½ bungkus saja bumbunya. Sehingga kita bisa meminimalisir hal yang buruk dari produk ini, yaitu kandungan garam/sodium/natrium/MSG. Rasanya masih tetap enak kok! Malah lebih nikmat lho karena tahu apa yang kita makan itu lebih sehat.