Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2017. Sebelum membuka lembaran baru, momen-momen istimewa apa yang anda ingat di tahun ini? Menurut saya, tahun 2017 punya banyak peristiwa menarik dan tak terduga. Entah dari segi politik maupun dunia entertainment. Tak lupa, kuliner Indonesia pun mengukir sejarah dengan tren masakan dan jajanan. Aneka sajian yang disebut “makanan kekinian” ini sempat viral di tanah air, bahkan popularitasnya masih berlangsung hingga hari ini. Penasaran? Yuk, kita rekap ulang makanan-makanan kekinian Indonesia di tahun 2017!

1. Seblak

Seblak basah bandung

Di awal tahun 2017 hingga pertengahan, makanan khas Bandung ini sangat viral. Teksturnya yang kenyal berpadu sempurna dengan aneka bahan. Citarasa gurih dan pedas pun menambah kenikmatan khas yang pas disantap saat hujan turun. Jika versi orginalnya dibuat pakai kerupuk, kini seblak juga berinovasi dengan bahan lain seperti makaroni dan mie kuning. Sajian ini semakin lengkap dengan tambahan sosis, bakso, sayuran, dan oseng telur.

Kerupuk perlu direbus hingga lemas dan transparan. Selanjutnya, tumis bumbu halus dan masukkan daging, telur, dan kerupuk rebus atau seblak. Masukkan potongan sayuran beberapa saat sebelum api dimatikan. Nah, seblak bisa dibuat dua versi, yakni basah (kuah) dan kering (tanpa kuah). Intinya, perhatikan takaran air supaya teksturnya sesuai dengan selera.

Coba resep:

2. Saus Telur Asin

Hayo, siapa yang kangen tekstur creamy dan rasa gurih yang khas ini? Saus telur asin juga mendominasi tren masakan kekinian di Indonesia. Beraneka jenis hidangan rasanya cocok dengan saus ini. Mulai dari ayam popcorn, seafood goreng, hingga bakpao bisa dipasangkan dengan saus ini.

Dalam pembuatannya, hidangan dengan saus telur asin perlu kuning telur asin yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu. Selanjutnya, tumis bumbu dasar seperti bawang hingga matang. Campurkan bahan dengan saus telur asin, lalu masak hingga meresap sempurna.

Coba resep:

3. Keju Mozarella

Penggemar keju mana yang tak kenal mozarella. Di tahun 2017, hampir semua jenis masakan bisa diberi keju mudah leleh ini. Mulai dari martabak, ayam goreng, hingga mie goreng. Teksturnya yang lumer itu jadi sensasi tersendiri ketika diaduk dengan makanan. Dan setuju kan, kalau keju ini jadi menggugah selera makan berkali lipat?

Keju mozarella bisa dijadikan isian atau topping. Dalam penyajiannya, keju mozarella bisa diparut terlebih dulu, lalu dibakar dengan portable torch. Atau, keju mozarella bisa ikut dimasak bersama makanan, misalnya dalam pembuatan pizza dan stik keju.

Coba resep:

4. Ayam Geprek

Siapa sangka kuliner khas Yogyakarta ini bisa “mewabah” di seantero Indonesia. Ayam geprek bisa dibuat dengan tepung atau tanpa tepung. Nantinya, ayam goreng akan “digeprek” bersama sambal dalam cobek. Bahan sambalnya cukup sederhana, yakni bawang putih, cabai rawit, garam, dan terasi (opsional). Tren ini semakin menarik karena banyak restoran yang menyediakan level kepedasan. Wah, tentunya penggemar pedas semakin tertantang dengan banyaknya jumlah cabai ya!

Coba resep:

5. Sate Taichan

Sate dengan sambal merah ini memang sudah lama ada di Jakarta. Namun, 2017 jadi tahun sate taichan untuk unjuk gigi. Tapi, tahukah anda kalau sajian ini pertama kali diusulkan oleh orang Jepang? Konon, ada turis Jepang yang ingin buat sate sendiri di pedagang sate Senayan. Ketika ditanya apa nama sate yang gurih, pedas, dan asam tersebut, si turis Jepang pun menyahut, “Taichan!”.

Tak seperti sate lain, sate taichan dibuat dengan dada ayam tanpa kulit. Bumbu marinasinya pun tak muluk-muluk, yakni air jeruk nipis, bawang putih halus, garam, dan merica saja. Alhasil, sate taichan terkenal dengan dagingnya yang tetap berwarna putih setelah dipanggang. Sambal merahnya dibuat dari cabai, bawang, kaldu, garam, dan gula.

Coba resep: Sate Taichan

6. Kue Cubit

Jajanan zaman sekolah yang lembut dan lumer ini juga dibuat kekinian. Tak hanya rasa vanili, kue cubit hadir dengan varian rasa dan topping seperti green tea, red velvet, taro, oreo, dan sebagainya. Satu yang tak berubah, anda tetap bisa request kematangan si kue cubit. Mau setengah matang atau matang sempurna? Sama enaknya! Kue cubit dibuat dari terigu, gula, telur, margarin, dan baking powder. Semua bahan diaduk hingga kental, lalu dipanggang dalam cetakan. Jadi ingat waktu pulang sekolah, kita langsung lari ke luar pagar untuk beli ini, ya?

Coba resep: Kue Cubit Green Tea

7. Cheese Tart

Cheese tart lezat jepang

Tren jajanan di Indonesia tak hanya terisnpirasi dari makanan lokal saja. Contohnya cheese tart. Aslinya, kudapan gurih yang creamy ini berasal dari Hokkaido, Jepang. Di Indonesia, cheese tart ini dijual dengan ukuran mini dan siap santap. Bagi penggemar keju tentunya tak tahan dengan filling yang gurih-manis dan leleh tersebut. Apalagi dipadu dengan renyah tekstur crust. Perfecto!

Cheese tart dibuat dengan crust dari terigu, mentega, gula, telur, dan susu. Sedangkan untuk filling, bahan yang digunakan adalah krim keju, susu, mentega, gula, maizena, telur, dan vanili. Salah satu ciri khas cheese tart adalah bagian atas isiannya yang terkaramelisasi.

Coba resep: Cheese Tart ala Hokkaido

8. Japanese Cheesecake

Japanese cheese cake lembut

Ingat dengan kue yang jiggly dan super lembut ini? Satu lagi sumbangan dari negeri sakura, yakni japanese cheesecake. Kue yang juga menonjolkan rasa dan aroma keju ini punya tekstur yang ringan dan berpori halus. Tak heran, japanese cheesecake sering tertukar dengan chiffon.

Jika anda beli di toko, tampilan kue ini identik dengan permukaan atas kecoklatan sedangkan bagian bawahnya berwarna kuning. Bahan pembuatannya memang tak jauh beda dengan chiffon, yakni gula, mentega, susu, telur, terigu, dan krim keju. Bedanya, japanese cheesecake memakai teknik panggang au bain marie. Loyang adonan diletakkan dalam loyang berisi air hangat, lalu dipanggang dalam oven hingga matang.

Coba resep:

9. Bola Ubi

Bola Bola ubi manis

Pilih bola ubi kopong atau isi? Apapun itu, keduanya adalah cemilan khas Indonesia yang nikmat. Bahan dasarnya adalah ubi jalar atau ungu yang dihaluskan. Ubi halus dicampur dengan tepung sagu, gula, garam, dan baking powder. Versi kopongnya terasa begitu renyah, sedangkan versi isian bisa dimasukkan keju, coklat, atau gula merah.

Awalnya, bola ubi hanya dijual di Bandung sebagai jajanan kaki lima. Versi originalnya adalah bola ubi yang kopong. Cara membuatnya jadi kopong, bola ubi perlu digoreng dengan banyak minyak dan api kecil. Ketika mulai mengembang, bola ubi ditekan-tekan supaya adonannya bergeser dan isi bola jadi kopong.

Coba resep: Bola Ubi Isi Keju Lumer

10. Pisang Nugget

Biasanya, nugget dibuat dengan daging ayam atau ikan. Namun, inovasi satu ini berhasil membuat nugget jadi cemilan yang nikmat dan terjangkau. Yup, pisang nugget adalah nugget yang terbuat dari pisang. Kudapan yang sedang hangat-hangatnya jadi tren ini terinspirasi dari jajanan khas Makassar. Rasanya manis dengan tekstur luar yang renyah dan dalam yang lembut.

Pisang perlu dihaluskan sebelum dicampur dengan adonan nugget, yakni susu, maizena, telur, gula, garam, dan vanili. Pilih pisang yang kematengan agar lebih manis dan mudah dihaluskan. Campur semua bahan dan kukus hingga matang. Potong hasil kukusan, lalu taburi dengan tepung dan goreng hingga matang.

Coba resep: Pisang Nugget

 

(Image: Lazada)

Beberapa masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi anda yang hobi masak

Mana jajanan atau masakan yang belum pernah anda coba, nih? Sebelum tahun berganti, anda bisa sedikit nostalgia dengan membuat resep-resep di atas. Selamat tahun baru 2018!

10 Makanan Utama & Jajanan yang Jadi Tren di Tahun 2017
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)