Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Siapa sih yang tidak kenal donat? Kita semua pasti familiar dengan makanan yang menyerupai cincin ini. Selain tekstur lembut, rasa manis pada donat pasti membuat ketagihan. Umumnya, kita berpikir donat terbuat dari terigu, gula, telur, dan mentega. Tapi, donat sebenarnya juga bisa divariasikan. Yuk cari tahu aneka kreasi donat melalui penjelasan di bawah ini!

1. Donat Jadul

Donat yang satu ini merupakan salah satu jajanan pasar favorit. Bentuknya bulat dan mengembang. Sementara itu, topping yang digunakan juga cukup sederhana. Misalnya seperti taburan meises, keju parut, maupun gula halus.

2. Donat Kentang

Selain tepung terigu, kita juga dapat menambahkan kentang pada adonan kentang. Penambahan kentang membuat tekstur donat terasa lebih lembut. Wah, pantas saja donat kentang banyak dijual di luaran sana ya.

3. Donat Singkong

Selain kentang, kita juga dapat mencampur adonan donat dengan singkong. Dibandingkan kentang, singkong juga lebih murah. Sebelum dicampurkan, singkong harus dikukus dan dihaluskan terlebih dahulu.

4. Donat Ubi Ungu

Penggunaan ubi ungu membuat donat terlihat unik, menarik, dan menggugah selera. Pada dasarnya, donat ubi ungu sama seperti donat biasa. Namun, adonan donat akan ditambahkan ubi ungu yang telah dikukus dan dihaluskan. Jika ingin ubi ungu lebih terasa, kita dapat menambahkan bubuk taro di adonan donat.

5. Donat Pisang

Pisang termasuk bahan baku yang dapat digunakan di berbagai makanan. Maka dari itu, pisang juga dapat ditambahkan pada adonan donat. Dijamin, donat akan terasa unik, lezat, dan membuat ketagihan.

6. Glazed Donat

(Image: Shutterstock)

Glazed donat merupakan donat yang menggunakan icing di permukaannya. Sementara itu, icing dapat kita buat sendiri. Namun, apabila tidak sempat, kita dapat membelinya di toko bahan kue.

7. Cronut

(Image: Shutterstock)

Kreasi donat ini mulai dikenalkan pada tahun 2013. Dari namanya dan bentuknya, bisa tebak darimana istilah cronut berasal? Yup, dari kata ‘croissant’ dan ‘donat’. Layaknya croissant, cronut terbuat dari adonan puff pastry. Kemudian, adonan akan dibentuk menyerupai donat dan digoreng. Jika sudah matang, cronut tinggal diberikan krim atau glazur sesuai selera kita.

8. Donat Macaron

Ingat dengan camilan khas Perancis bernama macaron? Nah, ternyata camilan ini bisa dikreasikan sebagai donat. Tekstur dan bahan bakunya memang seperti macaron. Namun, bentuknya dibuat menyerupai donat. Donat macaron ini terdiri atas dua lapis. Di bagian tengah, kita dapat menambahkan isian sesuai selera. Mulai dari krim, selai, hingga potongan buah.

9. Sandwich Donat

Sudah bosan dengan donat yang manis? Coba buat sandwich donat yang gurih deh. Layaknya sandwich, kita harus menyiapkan dua donat sebagai lapisan paling atas dan bawah. Untuk isi sandwich, anda bisa menambahkannya sesuai selera. Mulai dari selada, keju, hingga daging asap.

10. Churros

Dari bentuknya, pasti kita heran mengapa makanan ini disebut donat. Churros memang termasuk donat, kok. Donat ini merupakan camilan khas Spanyol. Karena bentuknya bergerigi, tekstur luar churros terasa renyah. Namun, bagian dalamnya tetap terasa lembut. Untuk menyantapnya, kita dapat mencelupkannya ke saus coklat agar lebih nikmat. Churros juga bisa disantap dengan madu, saus matcha, serta bahan lainnya sesuai selera.

Wah, ternyata donat punya banyak variasi ya! Pasti gak akan bosan deh untuk mencoba membuatnya satu per satu. Donat jenis mana yang paling membuat anda tergiur?

10 Resep Donat Enak yang Pasti Membuat Ketagihan
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)